Mengenal Macam Bahan Kaos Olah Raga

Selasa, 22 April 2014

Dalam beberapa tahun belakangan ini, muncul pasar baru dalam industri distro. Yakni pasar kaos olahraga. Permintaan untuk kaos jenis ini dari tahun ke tahun terus menunjukan progress yang cukup potensial untuk Anda garap. Maraknya trend olahraga macam futsal, basket dan bulutangkis menjadi pendorong peningkatan permintaan di pasar.

Itu sebabnya kali ini saya akan mengajak Anda membahas lebih jauh mengenai industri kaos olahraga. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah bahan kaos terbaik yang akan Anda gunakan sebagai kaos olahraga.

Kaos Olah Raga

Pasalnya bahan kaos yang paling tepat untuk kaos olahraga memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan kaos berbahan kapas biasa. Justru kaos dengan bahan kapas yang lembut, dingin dan menyerap keringat bukan kriteria terbaik untuk bahan kaos olahraga.

Bahan kaos terbaik untuk kaos olahraga haruslah kaos dengan typical yang ringan dan tidak menyerap keringat. Semakin ringan justru semakin baik. Bila Anda menggunakan bahan kaos yang menyerap keringat, maka kaos akan terasa berat dikenakan dalam keadaan berkucur keringat dan mengganggu gerakan pemakainya.

Padahal seorang yang melakukan aktivitas olahraga harus memiliki keleluasaan dalam bergerak. Tidak terhalangi oleh kaos olahraga yang lengket di badan dan terasa berat karena keringat. Jadi kriteria bahan kaos terbaik untuk aktivitas olahraga adalah ringan, luwes alias tidak kaku, mampu mengalirkan keringat, tidak lengket di badan kala basah serta mudah kering.

Nah, bahan kaos terbaik macam apa yang masuk dalam kriteria tersebut?

1. Hyget
Bahan jenis ini adalah pilihan pertama dalam pembuatan kaos olahraga yang murah meriah. Bahan ini berasal dari serat sintetis yang berasal dari biji plastik. Itu sebabnya kaos ini memiliki efek mengkilap pada permukaannya. Pada penggunaan kaos olahraga dari jenis bahan kaos hyget yang murni, kaos akan terasa sangat ringan, cenderung tipis dan terasa sangat lemas sehingga tidak menghalangi ruang gerak pemakainya .

Sangat tidak menyerap keringat dan tidak mudah basah. Sebenarnya semua itu sudah sesuai kriteria. Hanya saja bahan ini kurang efektif dalam mengalirkan keringat sehingga kurang adem dikenakan.  Bahan ini juga kurang awet menahan hasil sablon dan tidak cocok untuk dibordir karena seratnya kurang kuat.

2. Hyget Super
hasil pengembangan dari bahan hyget murni yang terasa kurang adem dengan pencampuran bahan serat alami sehingga terasa lebih nyaman dan dingin. Hyget super ini terasa lebih berat bila Anda bandingkan dengan bahan hyget biasa. Sangat nyaman dikenakan, tidak lengket, masih tidak menyerap keringat tetapi cukup efektif dalam mengalirkan keringat dan bahannya juga cukup cepat kering.

Harganya lebih mahal dari hyget biasa dan pada umumnya menjadi pilihan dalam pembuatan duplikat jersey club sepak bola. Permukaannya tidak semengkilat bahan hyget murni jadi lebih kuat untuk produk bordir dan produk sablon.

3. Serena
Ini bahan kaos yang paling sering digunakan dalam pembuatan kaos olahraga dengan mutu menengah. Bahan ini masih terasa sedikit panas, tetapi lebih ringan dari kaos hyget super. Sangat mudah kering dan cukup efektif dalam mengalirkan keringat. Kain ini memiliki rajutan yang kurang kuat sehingga kurang tepat untuk kaos olahraga dengan model border. Justru bahan ini memiliki sifat mengikat sablon lebih baik dari hyget.

4. Paragon
Sebenarnya bahan hyget adalah hasil duplikasi dari kaos paragon dalam harga murah. Selintas kedua bahan ini mirip, baik dari sisi permukaanya yang mengkilap dan rasa ringan saat Anda kenakan. Hanya saja tentu kaos paragon memiliki kemampuan lebih baik dalam mengalirka keringat dan lebih terasa adem saat Anda pakai.

Bahan paragon juga lebih baik saat menjadi bahan kaos olahraga model sablon atau bordir. Karena bahan ini memiliki serat rajutan yang lebih rapat dan kuat dengan daya serap yang baik meski permukaan kain terasa licin.

5. Dry fit
Ini dia bahan kaos terbaik untuk aktivitas olahraga. Bahan ini paling sering digunakan sebagai bahan jersey club olahraga original. Bahannya sangat ringan, tetapi sangat adem pula saat Anda kenakan. Memiliki kemampuan mengalirkan keringat paling baik, meski tidak menyerap keringat, tetap terasa nyaman, bahkan lebih nyaman bila dibandingkan bahan kaos dari kapas campuran.

Ada yang memiliki permukaan mengkilap dan ada pula yang lebih doff. Harganya juga paling mahal karena memiliki keawetan dan kekuatan rajutan benang yang baik sehingga lebih cocok untuk produk bordir. Untuk produk yang mengkilap, sebaiknya tidak menjadi bahan baku kaos dengan sablon karena kurang mampu mengikat warna.


Itu tadi 5 bahan kaos terbaik yang cocok sebagai bahan baku kaos olahraga. Dengan semakin maraknya penggunaan kaos olahraga, tidak hanya sebagai pakaian wajib kala berolahraga, tetapi juga pakaian keseharian, Anda bisa memilih beragam bahan kaos sesuai dengan penggunaan dan kapasitas dompet tentunya.

0 komentar:

Posting Komentar